Pasar Simpang Dago Bandung – “The New Marketplace”

Pada masa ini, masyarakat Indonesia memiliki tuntutan yang tinggi akan kualitas,
sedangkan fasilitas umum yang tersedia di Indonesia belum baik, termasuk Pasar Simpang Dago, Bandung. Lokasi Pasar ini strategis sehingga ramai dikunjungi dan sering menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pasar ini berada di perempatan jalan Ir.H.Djuanda dengan jalan Dipatiukur. Proyek ini bersifat fiktif, diasumsikan dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandung bekerjasama dengan swasta, yaitu Bank BRI. Melalui proyek ini, diharapkan potensi-potensi yang ada dapat dimanfaatkan sehingga meningkatkan nilai jual Pasar Simpang Dago sebagai pusat perbelanjaan terhadap pusat perbelanjaan moderen yang menjamur di Kota Bandung. Pasar ini juga akan dirancang menjadi suatu pusat perbelanjaan dengan pasar tradisional di dalamnya.

Hasil analisa tapak menunjukkan bahwa kawasan Pasar Simpang Dago dapat diakses
dari berbagai sisi melalui jalur pejalan kaki. Hal ini menjadikan kawasan ini permeabel.
Akses kendaraan hanya dibatasi di bagian belakang kawasan. Massa disusun membentuk enclosure dan berorientasi ke dalam (plaza atau ruang temporer).
Ruang temporer ini digunakan sebagai area pasar pagi dan area jajanan pada malam hari.
Berdasarkan aturan lahan, bangunan di kawasan ini akan memilki ketinggian dua hingga tiga lantai.

Dengan demikian, Pusat Perbelanjaan ini akan berskala manusiawi (human scale)
sehingga memberikan suasana berbelanja yang berbeda dari pusat perbelanjaan moderen pada umumnya.

Data Tugas Akhir

1. Judul Tugas Akhir: Pasar Simpang Dago Bandung – “The New Marketplace”
2. Nama Lengkap: Atya Zahra
3. NIM: 15207073
4. E-Mail: atyazahra@gmail.com
5. Pembimbing: Ir. Fashridjal M. Noor Sidin M.Sc., MURP

6. Penguji:

  • Ir. Iwan Sudradjat MSA., Ph.D,
  • Ir. Bambang Toto Pambudi,
  • Dr. Agus S. Ekomadyo ST, MT

7. Tipologi: Pusat Perbelanjaan
8. Klien : PD. Pasar Bermartabat Unit Pasar Simpang Dago
9. Luas Bangunan : + 14.000 m2
10. Luas Lahan :+ 11.000 m2

Galeri

Leave a Reply